Belajar ‘Menyimak, Membaca, Berbicara, Menulis’ Bahasa Indonesia

Bismillahi Rohmannir Rohim (i)
Alhamdulillah, segala puji syukur hanya pantas dipersembahkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan nikmat berupa kemudahan, kelancaran, dan petunjuk-NYA yang diberikan sehingga saya dapat belajar buku panduan Bahasa Indonsia, BSE, Buku Serial Elektrik, yang mana bukunya dapat diunduh secara gratis di bse.depdiknas.go.id. Terimakasih kepada Departemen Pendidikan Nasional yang telah memberi akses lebih mudah sehingga saya dapat memanfaatkan sumber belajar tersebut.
Konsep learning by doing, saat ini mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan halaman log saya ini. Saya menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia adalah penting bagi saya, yang punya impian untuk menjadi Jurnalis; penulis sekaligus wartawan. Tujuan dari halaman log personal ini, tak lain hanyalah untuk belajar lebih mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Mengacu pada standard kompetensi dasar untuk menjadi Jurnalis; penulis sekaligus wartawan, saya berasumsi bahwa menggali pengetahuan dan kompetensi berbahasa adalah penting, bahkan terpenting untuk berolah pikir dan rasa. Setiap pelajaran yang disuguhkan, saya berharap dapat menambah wawasan pengetahuan, memberikan motivasi positif, memperkaya pengalaman batin, serta melatih kemampuan membaca efektif saya.
Ada pun pencapaian yang harus saya penuhi setelah belajar buku panduan Bahasa Indonesia, ilustrasi di bawah ini:

Aku cinta Bahasa Indonesia

(dikutip dari Buku Sekolah Elektrik-- BSE, BAHASA INDONESIA 1, Untuk SMK/ MAK Semua Program Keahlian, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

Ya Rabb, tambahkanlah ilmu kepada hamba dan pemahaman yang baik. Amin. Saya akan belajar berusaha mencoba menjadi manusia Indonesia dan belajar menjadi sebuah generasi.

Berikan Balasan

